Sabtu, 26 Mei 2012

Press Release Help Our Delman 2012




Kegiatan Help Our Delman 2012 telah terlaksana pada hari Sabtu, 26 Mei 2012 di Balai Penelitian Bioteknologi Perkebunan Indonesia, Taman Kencana, Bogor. Kegiatan baru yang diusung oleh Divisi Kuda Himpro Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik Eksotik (HKSA) ini dihadiri oleh 27 orang kusir, 20 orang mahasiswa, serta 14 ekor kuda delman. Selain itu, hadir pula dokter hewan praktisi kuda, drh. Budhy Jasa Widyananta, sebagai pembicara sekaligus pembina kegiatan Help Our Delman 2012.
Pemerintah Kota Bogor pun menunjukkan antusiasme dalam kegiatan ini, dibuktikan dengan hadirnya drh. Patriantariksina R. dan drh. Mustika H. sebagai perwakilan Dinas Pertanian Kota Bogor. Acara ini dihadiri juga oleh pihak sponsor yaitu drh. Fitri Dewi, drh. Nanda Aditya Sukma, drh. Rizqi Putratama dari Equestrina serta Bapak Edi dan Bapak Wahyudi dari Oxone.
  Acara HOD diawali dengan Talkshow bersama dokter hewan praktisi kuda. Drh. Budhy Jasa Widyananta memberikan penyuluhan mengenai cara perawatan kesehatan  kuda yang baik dan benar. Pembicara memaparkan sifat-sifat dasar kuda; jenis, jumlah, cara, serta waktu pemberian pakan dan minum; pemeliharaan kesehatan kuda; sanitasi kandang; waktu meng-grooming yang baik ; keseimbangan hidup kuda (antara jam kerja dan istirahat); serta peran dokter hewan. Sesi selanjutnya peserta yang terdiri dari kusir dan mahasiswa ini diperkenankan untuk bertanya maupun berkonsultasi seputar masalah yang sering dialami oleh kuda khususnya kuda delman. Kusir yang mengajukan pertanyaan & berhasil menjawab kuis yang diberikan mendapatkan doorprize  dari Oxone di akhir acara. 
  Setelah Talkshow selesai para peserta yang terdiri dari kuisir delman dan mahasiswa keluar ruangan untuk mengikuti demo grooming dan konsultasi mengenai kesehatan kuda delman yang dibawa. Penjelasan tata cara grooming disampaikan oleh drh. Budhy Jasa widyananta dan didemokan langsung oleh drh. Nanda Aditya Sukma dan drh. Rizqi Putratama. Selesai demonstrasi peserta langsung melakukan grooming kuda delman yang dibawa dengan menggunakan grooming kit yang diberikan oleh panitia. Pada saat yang bersamaan dilakukan konsultasi kesehatan kuda oleh dokter hewan praktisi kuda dari Equestrina
 Kuda delman yang telah selesai grooming bersiap untuk konvoi. Konvoi dilakukan mengelilingi Kebun Raya Bogor untuk mengajak masyarakat kembali menggunakan delman sebagai sarana transportasi maupun wisata. Peserta dan kuda delman kembali ke tempat acara untuk mengikuti penutupan. Acara ditutup pukul 14.35 WIB dengan pembagian starter pack yang terdiri dari grooming kit, 25 kg pakan kuda, vitamin, obat cacing, gula merah, dan sedikit dana tunai untuk perawatan kuda delman.
Terselenggaranya acara ini didukung oleh sponsor utama yaitu  APM Riding School dan juga sponsor lainnya seperti Gading Equestrian, Equestrina, Pegasus Stable, Dwima Turangga Equestrian, Arthayasa Stable, Oxone, Santa Monica Stable, JPEC Sentul, dan Alfons & family. Acara ini juga bekerja sama dengan Green TV IPB dalam peliputan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar